Powered by Blogger.

8 TIPS NIKAH DENGAN DANA TERBATAS


Menikah memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Persiapannya pun harus dilakukan sejak jauh - jauh hari. Seperti yang dialami pasangan temanku ini berencana naik pelaminan desember 2014 akhir tahun ini. namun sejak awal tahun keduanya dipusingkan berbagai hal. Salah satu yang paling membuatnya 'terkejut' adalah banyaknya kebutuhan-kebutuhan tak terduga, yang otomatis menambah beban anggaran pernikahan.

Bagi kamu yang sedang mengalami hal serupa, tak perlu khawatir. Biaya pernikahan itu sebenarnya bisa dihemat dan dirancang sedemikian rupa kok. Bagaimana caranya? Cekidot!

1. Menggelar Pesta Pernikahan di Rumah
Jelas ini akan memangkas banyak sekali pos pengeluaran seperti sewa tempat, katering, dan sebagainya. Tapi, pernikahan di rumah bahkan bisa jauh lebih indah, tergantung bagaimana kita mengaturnya.

2. Pilih Gedung Yang Biasa Saja
Jika memang kondisi rumah tidak memungkinkan menampung jumlah tamu, gedung bisa jadi pilihan. Hanya saja, tak perlu cari gedung super mewah. Cukup cari yang aksesnya tidak terlalu sulit dan fasilitas yang disediakan cukup lengkap.

3. Bijak Memilih Kartu Undangan  
Banyak sekali variasi undangan yang bisa dipilih, dan tak perlu mahal. Undangan mahal pun akan dibuang bila sudah tak terpakai. Undangan yang memiliki nilai manfaat tentu jauh lebih baik.

4. Bijak Memilah Siapa Saja Yang Akan Diundang
Jumlah tamu undangan menentukan besar atau kecilnya biaya. Jika anda dibatasi kuota undangan, pilih dengan baik siapa saja yang diundang. Mulai dari yang terdekat hingga yang jauh.

5. Perhatikan Porsi dan Variasi Makanan
Biasanya, porsi makanan dihitung dua kali lipat dari undangan. Namun, bisa disiasati juga dengan variasi makanan yang berbeda. Intinya mengkombinasikan makanan saung dan prasmanan. Selain mengurangi antrian, para undangan juga tidak akan merasa kehabisan makanan.

6. Pilih Harga Paket
Harga paket akan jauh lebih murah dibanding memesan secara terpisah. Misalnya, gedung sudah dengan katering,dekorasi, dan rias pengantin. Untuk katering, pilih yang menu satu paketan saja agar tidak pusing menghitungnya. Perlu diperhatikan juga rekanan yang bekerja sama dengan gedung tersebut, apakah menawarkan harga yang bersahabat atau tidak.

7. Bijak Memilih Souvenir
Pilihlah souvenir yang memiliki nilai manfaat bagi tamu undangan. Percuma membeli yang mahal, tapi tidak memiliki makna apa-apa.

8. Minta Diskon
Meski harganya sudah jelas tertera di brosur, bukan berarti tak bisa dinegosiasikan. Selain itu, pilihlah vendor jasa pernikahan yang sudah terjamin kredibilitasnya agar pesta pernikahan yang anda harapkan berjalan lancar.
Terima kasih telah membaca artikel tentang 8 TIPS NIKAH DENGAN DANA TERBATAS di blog TIPSKLOPEDIA jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :